Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Friday, March 11, 2011

Diet Tepat Saat Kehamilan

Kesehatan ibu hamil dapat dijaga dengan mengatur asupan makanan setiap harinya, sehingga tidak heran jika ada beberapa ibu yang harus menjalankan diet saat kehamilannya. Diet saat hamil memang tidak dianjurkan karena dapat mengganggu perkembangan janin. Namun ada beberapa hal yang mengharuskan Anda melakukan diet, salah satunya kelebihan berat badan.
      Kenaikan berat badan yang drastis saat kehamilan tidak hanya membahayakan bagi sang ibu tetapi juga janin. Saat Anda diharuskan menjalani diet, sebaiknya mengikuti peraturan diet makan khusus untuk ibu hamil. Perbanyak konsumsi protein sebanyak 300 kalori perhari, vitamin dan mineral seperti zat besi dan asam folat. Hal ini demi menjagakesehatan ibu hamil tetap stabil.
Dan berikut ini beberapa prinsip makan yang baik selama kehamilan demi menjaga kesehatan ibu hamil :
  • Jangan melewatkan sarapan, karena jika Anda menghindari sarapan dapat menimbulkan keinginan untuk makan lebih banyak di waktu makan berikutnya. Melewatkan sarapan juga dapat menyebabkan kepala pening, mual, dan keluhan lainnya.
  • Membuat daftar makanan dengan tujuan agar Anda tidak mengkonsumsi makanan berlebihan.
  • Usahakan untuk mengolah makanan dengan cara dibakar, dipanggang atau dikukus.
  • Pilihlah buah sebagai camilan sehat.
  • Pilihlah makanan berserat serta rendah kandungan lemak dan gula. Mengkonsumsi gula berlebihan dapat menimbulkan perasaan mudah lapar. Untuk itu selalu sedia buah atau sayuran sebagai camilan.
  • Perbanyak mengkonsumsi air putih, minimal 8 gelas per hari.
  • Pastikan Anda mengkonsumsi vitamin dan mineral setiap harinya.
  • Pilihlah setidaknya satu makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, dan folic acid setiap harinya. Untuk sumber vitamin C dapat ditemukan pada jeruk, strawberry, anggur, atau tomat. Sedangkan untuk vitamin A didapatkan melalui wortel, labu, kentang, dan bayam. Dan untuk folic acid melalui sayuran berdaun hijau, dan kacang-kacangan.
  • Banyak orang yang masih menganggap seorang ibu hamil harus banyak makan. Namun pandangan itu tidaklah benar karena Anda harus tetap menjaga asupan makanan dan kenaikan berat badan berlebih.
Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter kandungan untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan ibu hamil perlu tidaknya diet selama kehamilan. Jagalah kesehatan Anda dan janin, karena kehamilan merupakan sesuatu yang spesial dalam kehidupan Anda.