Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Wednesday, November 10, 2010

Depresi Postpartum dan Baby Blues- Bagian 1

 Mungkin bagi sebagian wanita setelah melahirkan akan mengalami Postpartum Depression. Hal inilah yang bisa mengakibatkan perubahan suasana hati wanita yang setelah melahirkan akan berubah-ubah. Biasanya perubahan suasana hatinya tak menentu, terkadang merasa bahagia dan tiba-tiba bisa berubah menjadi sedih.


      Lalu, apakah perubahan mood wanita pada umumnya setelah melahirkan? Perlu diketahui bagi Anda yang mengalami hal seperti ini, biasanya setelah memiliki bayi akan mengalami perubahan suasana hati. Pada satu menit mereka merasa bahagia, namun di menit berikutnya mereka bisa tiba-tiba menangis. Kemungkinan terjadi pada wanita setelah melahirkan bisa karena adanya sedikit rasa tertekan, sulit berkonsentrasi, kehilangan nafsu makan atau bahkan tidak bisa merasakan tidur nyenyak ketika sang bayi sedang tidur. Gejala ini biasanya mulai sekitar 3 sampai 4 hari setelah melahirkan dan mungkin berlangsung beberapa hari.


      Jika Anda adalah seorang ibu baru dan memiliki gejala-gejala tersebut, Anda akan merasakan apa yang disebut baby blues. Baby blues dianggap sebagai bagian normal dari ibu dini dan biasanya hilang dalam waktu 10 hari setelah melahirkan. Namun, beberapa wanita memiliki gejala yang lebih parah atau gejala yang bertahan lebih lama dari beberapa hari. Inilah yang disebut dengan postpartum depression.


Apa itu depresi postpartum?


Depresi postpartum adalah penyakit seperti diabetes atau jantung. Gejala-gejala depresi postpartum dapat mempengaruhi kualitas hidup Anda dan mencakup :



  • Merasa sedih dan terkadang bahagia
  • Sering menangis atau tearfulness
  • Merasa gelisah, mudah marah atau cemas
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam hidup
  • Kehilangan nafsu makan
  • Kurang energi dan motivasi untuk melakukan aktivitas seperti biasa
  • Sulit tidur, kesulitan untuk tetap tertidur atau tidur lebih dari biasanya
  • Merasa tidak berharga, putus asa atau merasa bersalah
  • Unexplained dengan berat badan
  • Merasa seperti hidup tidak layak
  • Rasa berminat pada bayi Anda hanya sedikit
Meskipun banyak wanita mengalami depresi setelah melahirkan, namun beberapa wanita tidak harus merasakan depresi sampai berminggu-minggu atau bahkan hingga satu bulan lamanya. Depresi yang terjadi dalam waktu 6 bulan dari waktu melahirkan ini bisa kemungkinan depresi postpartum.


Dalam kasus yang jarang terjadi, seorang wanita dapat mengembangkan psikosis postpartum. Ini adalah penyakit yang sangat serius dan mencakup semua gejala depresi postpartum dan pikiran menyakiti diri sendiri atau menyakiti bayi. Jika Anda memiliki pikiran menyakiti diri sendiri atau bayi Anda, segeralah Anda meminta bantuan.


sumber : http://www.melindahospital.com/