Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Wednesday, May 26, 2010

Memilih Pompa ASI

Memilih Pompa ASI

Dengan pompa, selalu ada ASI untuk bayi jika Anda sedang pergi

Jika menyusui sendiri, Anda mungkin ingin agar bayi Anda tetap memperoleh semua manfaat ASI meskipun Anda sedang tidak di rumah. Jika Anda sudah harus kembali bekerja atau menyuruh orang lain yang memberikan susu kepada bayi sementara Anda istirahat atau keluar rumah, Anda bisa terbantu dengan menggunakan pompa ASI.

Ada beberapa pilihan jenis pompa ASI. Pompa apapun yang Anda pilih, sebaiknya sudah Anda persiapkan jauh di muka sebelum Anda bekerja atau meninggalkan bayi Anda dengan pengasuhnya.

Pada kenyataannya, banyak bayi yang menolak untuk minum dari botol susu setelah mereka biasa disusui. Oleh karenanya lebih baik mulai memompa ASI dan memperkenalkan botol susu setelah bayi disusui, saat berusia 3 atau 4 minggu. Untuk membiasakan bayi meminum dari botol susu, gunakan botol ukuran 60ml untuk menampung ASI. Lakukan minimal satu kali setiap 3 atau 4 hari.

Jenis pompa ASI apa yang cocok untuk saya?
Ada banyak jenis dan model pompa ASI, tapi semuanya dapat dikelompokkan ke dalam 2 kategori utama: tenaga listrik/baterai dan manual (yang dioperasikan dengan tangan). Meskipun sebagian dari para ibu menggunakan keduanya -- satu untuk pemompaan ASI dalam jumlah besar, dan satunya lagi untuk dibawa-bawa ketika bepergian - kebanyakan para ibu mempunyai pilihannya sendiri-sendiri.

Berikut adalah pilihan jenis pompa untuk Anda:

Pompa ASI listrik skala Rumah Sakit
Jika Anda memompa secara terus menerus sepanjang hari - mungkin karena Anda tidak dapat menyusui, atau bayi Anda tidak bisa disusui - bisa jadi Anda akan memerlukan pompa paling efisien, yaitu pompa ASI heavy-duty skala Rumah Sakit yang dilengkapi alat penampung ganda. Pompa ini memiliki siklus daya isap-lepas cepat (disebut waktu siklus) yang mengeluarkan ASI dari payudara dengan kecepatan yang sama dengan isapan bayi.

Dengan menggunakan alat penampung ganda, Anda dapat memompa kedua payudara secara bersamaan dan mengosongkan kedua payudara secara lebih efektif, sehingga sangat menghemat waktu. Namun, perlu diingat bahwa pompa ini biasanya berat - sekitar 9 kg - dan besar sekali.

Dari segi harga, pompa skala Rumah Sakit adalah yang termahal. Akan tetapi, banyak rumah sakit, konsultan laktasi, dan toko peralatan kesehatan yang menyewakan pompa ASI paling canggih secara harian.

Jika Anda menyewa pompa, Anda masih perlu membeli alat penampung, yang mencakup corong payudara (bagian pompa yang melekat pada payudara), selang dan botol penampung ASI. (Jika bayi lahir prematur atau dengan kondisi yang membuatnya sulit untuk disusui. Tanyakan kepada perusahaan asuransi Anda apakah perusahaan asuransi akan menanggung biaya pembelian pompa ASI berdasarkan resep dokter).

Pompa ASI listrik paling canggih untuk penggunaan pribadi
Dengan menggabungkan efisiensi pompa skala Rumah Sakit dan kenyamanan model portabel, pompa listrik tercanggih ini merupakan pilihan populer para ibu yang harus kembali bekerja purna waktu. Pompa ini sepenuhnya otomatis, dengan waktu siklus cepat, daya isap yang dapat disesuaikan (untuk menghindari rasa perih pada puting payudara) dan memiliki kapabilitas pemompaan dua kali lipat.

Beberapa model yang lebih baru dirancang menyerupai pola isapan bayi. Mesin mulai menyedot dengan isapan pendek dan cepat untuk memperoleh respons penundaan, kemudian beralih ke pola isapan yang lebih lamban dan dalam. Fitur ini membuat pemompaan lebih nyaman, tapi tidak berarti bahwa produksi ASI Anda akan lebih banyak.

Dengan berat sekitar 4 kg atau kurang, pompa ini dijual dalam wadah yang menarik dengan menyertakan beberapa aksesori - seperti tas penyimpan, label, klip, botol dan salep untuk puting payudara.

Kebanyakan pompa yang canggih dapat dijalankan dengan memanfaatkan pemantik api di mobil dan menggunakan adaptor yang dijual terpisah. Beberapa model bahkan dijual dengan paket baterai - keduanya dapat digunakan jika Anda memompa saat di perjalanan atau di dalam ruangan yang tidak ada colokan listrik.

Catatan: Meskipun mungkin cukup menggoda untuk menggunakan secara bersama, atau meminjam pompa ASI milik teman, atau membeli yang bekas, Kantor Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) AS serta para pakar dalam bidang menyusui, sangat tidak menyarankannya. ASI dapat mengandung bakteri dan virus - termasuk hepatitis, HIV dan virus sitomegalo - yang dapat mencemari pompa dan menularkannya kepada Anda serta bayi Anda. ASI dapat menetes masuk ke bagian dalam pompa. Oleh sebab itu, meskipun menggunakan alat penampung milik Anda sendiri, hal ini tidak menjamin keamanan pompa pinjaman/bekas.

Pompa yang dirancang untuk beberapa pengguna, seperti penyewaan pompa dan pompa rumah sakit, tidak mempunyai masalah ini. Pompa jenis itu dirancang sedemikian rupa sehingga mencegah ASI masuk ke dalam pompa. Jadi, selama Anda menggunakan pompa ini dengan alat penampung milik Anda sendiri, pompa ini aman.

Untuk mengetahui apakah aman untuk menggunakan pompa bekas, periksa kemasannya, atau hubungi pabrik pembuatnya. Jika pompa dirancang sebagai pompa "pengguna tunggal", maka seharusnya hanya digunakan oleh satu orang.

Pompa ASI listrik atau baterai kelas menengah
Pompa ini paling baik digunakan untuk perpisahan sementara - misalnya jika sesekali sang ibu harus meninggalkan bayinya dengan pengasuh dan tidak ingin mengganti ASI dengan susu formula.

Pompa ini lebih mudah dibawa-bawa (kebanyakan beratnya di bawah 1 kg) dan harganya lebih terjangkau daripada model yang canggih. Tetapi, pompa ini memerlukan waktu yang lebih lama dan sedikit merepotkan untuk menggunakannya dibandingkan dengan pompa listrik yang canggih. Jika pompa dioperasikan dengan baterai, baterai mungkin harus sering diganti.

Kebanyakan pompa kelas menengah memungkinkan Anda memompa hanya satu payudara setiap kali - dan perlahan-lahan. Meskipun ada pompa listrik ganda pada kategori ini, tetapi biasanya motornya tidak seawet motor pada model yang lebih mahal.

Model semiotomatis biasanya cenderung mempunyai waktu siklus yang panjang (Sebagian model menghasilkan 12 isapan per menit, bandingkan dengan kecepatan pompa canggih atau skala rumah sakit yang menghasilkan 50 sampai 60 isapan per menit). Isapan seringkali terlalu keras atau terlalu lemah, meskipun sebagian model memiliki pengisap yang dapat disesuaikan.

Pompa manual
Pada pompa manual, Anda harus memompa piston atau memencet tuasnya untuk menciptakan daya isapan yang akan mengosongkan payudara. Pompa ini hanya dapat mengosongkan satu payudara setiap kali dan mungkin membutuhkan kedua tangan untuk mengoperasikannya. Ada juga beberapa model pompa manual yang dirancang untuk digunakan dengan satu tangan.

Meskipun kebanyakan ibu yang perlu memompa secara rutin memilih model listrik yang lebih efisien, sebagian ibu lebih menyukai pompa manual, karena lebih sederhana dan ukurannya lebih kecil. Kebanyakan juga mengatakan bahwa pompa manual terasa lebih alami serta lebih menyerupai isapan bayi, dan mereka lebih suka mengendalikan isapan dengan tangan.

Harga pompa manual biasanya lebih terjangkau, bentuknya lebih kecil, ringan dan senyap daripada pompa listrik. Jika Anda ingin memompa satu payudara dan menyusui dengan payudara yang lain, bayi Anda mungkin akan lebih menyukai pompa manual yang senyap daripada pompa listrik yang bising.

Sementara sebagian ibu menyukai efektifitas pompa manual, sebagian lainnya menganggap pompa ini sangat lamban. (Sampai titik tertentu, tergantung pada kecepatan Anda meremas pegangan pompa - dan ini dapat membuat tangan Anda lelah).

Sebagian ibu mengalami kesulitan mengeluarkan ASI dengan pompa tangan. Sementara yang lain mengatakan bahwa pompa tangan tidak mengosongkan payudara sampai tuntas, sehingga dapat menurunkan produksi ASI.

Sedikit catatan: Jangan gunakan model yang bentuknya seperti bel sepeda - bola karetnya dapat menjadi sumber bakteri yang berbahaya.

Fitur apakah yang harus saya perhatikan?
• Kendali pengisap yang dapat disesuaikan: Tingkat isapan yang nyaman bagi satu wanita, mungkin merupakan siksaan bagi yang lain. Pilih pompa yang memungkinkan Anda menyesuaikan isapan sesuai kenyamanan Anda. Beberapa model manual dijual dengan posisi pegangan pompa yang dapat disesuaikan.

• Efisiensi: Jika waktu Anda terbatas - dan ibu mana yang waktunya tidak terbatas? - mungkin lebih menguntungkan membayar lebih mahal untuk pompa yang menghasilkan minimal 48 isapan per menit, dan mampu memompa dua kali lipat. Model yang memungkinkan Anda memompa kedua payudara secara bersamaan akan mengurangi waktu pemompaan hingga setengahnya, dari sekitar 30 menit untuk kedua payudara menjadi tinggal 12 menit. Pemompaan ganda juga mendorong produksi ASI karena mengosongkan kedua payudara sampai tuntas.

• Mudah digunakan: Carilah pompa yang mudah digunakan, bersih dan sudah terakit. Jika Anda akan membawa-bawa pompa ini, pilih yang ringan dan ringkas, dengan tas yang bagus. (Anda juga dapat membeli tas yang Anda sukai secara terpisah).

Aksesoris yang patut dicoba:
Aksesoris dapat membantu Anda menggunakan pompa dengan lebih efisien dan nyaman. Contohnya:

• "Bra pemompa" atau pita: Mengikat botol penampung pada masing-masing puting sehingga tangan Anda bebas sementara Anda memompa kedua payudara.

• Tas atau wadah penyimpanan: Untuk menampung, menyimpan dan membekukan ASI.

• Kantung microwave. Anda dapat membersihkan komponen pompa dengan uap di dalam microwave.

• Pelindung payudara: Pelindung lembut yang memijat payudara selama pemompaan, menyamankan payudara yang lecet dan membantu meningkatkan aliran ASI. Ada beragam ukuran yang sesuai dengan ukuran puting Anda. (Catatan: Kebanyakan pompa ASI sudah dilengkapi pelindung, tapi mungkin Anda perlu membeli ukuran yang lebih sesuai secara terpisah. Jika demikian, pastikan bahwa merek yang Anda beli dapat digunakan pada pompa Anda).

• Tas berisolasi dan paket es pembeku: Untuk menjaga agar ASI tetap dingin sepanjang hari di saat tidak ada lemari es.

Alat bantu menyusui berikut juga dapat menolong:

• Paket payudara panas/dingin: Paket gel yang pas untuk diletakkan di dalam bra khusus untuk menyusui, dan dapat digunakan dalam keadaan panas atau dingin untuk mengompres payudara yang bengkak atau lecet.

• Salep lanolin: Membantu menghilangkan puting yang lecet.

• Bantalan menyusui: Bantalan sekali pakai atau yang dapat dicuci, berguna untuk menyerap susu dari payudara yang merembes dan mencegah noda pada pakaian.

Ke mana harus mencari bantuan
Konsultan laktasi dapat membantu Anda menentukan pompa yang paling cocok bagi Anda. Konsultan dapat membantu Anda jika Anda mengalami kesulitan dalam memompa, dan mengajari Anda cara memompa cepat dengan tangan, suatu keterampilan berharga yang memungkinkan Anda terus menampung ASI saat pompa Anda rusak.

Diadaptasi dari BabyCenter