Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Saturday, March 5, 2011

Anda Pengelola Uang yang Baik?



Kuis ini akan menguji diri, atau setidaknya menolong bahkan membuat Anda terkejut sendiri ketika menyadari, betapa besar tanggung jawab Anda atas masalah keuangan keluarga. Nah, jawab setiap pertanyan berikut dengan "Benar" atau "Tidak". Jumlahkan hasil perolehan nilai dan simak arti dari nilai tadi.

1. Saya benar-benar tidak punya ide atau nilai mengenai penghasilan dan pengeluaran saya.
2. Saya tak memiliki disiplin atas keuangan saya.
3. Pengeluaran saya hampir atau bahkan melebihi batas kartu kredit yang saya miliki.
4. Saya sering menggunakan uang penghasilan bulan ini untuk menutupi masalah keuangan bulan lalu.
5. Saya tidak dapat membayangkan hidup tanpa kredit.
6. Saya tidak pernah berurusan dengan uang karena pasangan saya yang selalu mengurusi hal itu.
7. Saya agak sedikit khawatir dengan masalah keuangan saya.
8. Saya benci dengan surat atau tagihan yang datang.
9. Saya tak punya rencana khusus untuk menginvestasikan atau menyimpan uang.
10. Seandainya saya punya kelebihan uang sedikit saja, saya akan merasa senang.
11. Saya berbohong pada pasangan mengenai tagihan, belanjaan, pengeluaran.
12. Saya sadar, sebenarnya harus beramal tapi saat ini keuangan saya tidak memungkinkan.
13. Saya mengambil uang dari satu kartu kredit untuk menutupi pembayaran yang lainnya.


ARTI JAWABAN
0 BENAR (Anda tak menjawab "Tidak" untuk satu pertanyaan pun) 
Berarti Anda seorang wanita yang bertanggung jawab dalam masalah keuangan. Bisa dibilang, Anda "pahlawan" keluarga karena mampu mengelola uang dengan baik serta bijaksana.
1-2 BENAR: 
Pada dasarnya Anda seorang wanita yang bertanggung jawab, namun waspada karena ada "lampu merah" yang muncul. Segera atasi problem keuangan Anda, semisal membayar tagigan kartu kredit secara penuh dan tidak menggunakannya selama beberapa waktu agar Anda terhindar dari lilitan hutang.
3-5 BENAR: 
Wah, masalah keuangan Anda sudah benar-benar berada di garis bahaya dan menjurus ke arah bermasalah. Segera introspeksi, lakukan koreksi, dan tata ulang cara pengelolaan uang Anda. Untuk jangka waktu tertentu, stop pengeluaran yang tidak penting, jangan membeli barang secara kredit, dan atur kembali strategi secara detail.
Lebih dari 6 BENAR: 
Hati-hati, keuangan Anda dalam bahaya@ Mungkin Anda terlalu mudah tergiur oleh tawaran barang-barang yang bisa dibeli secara kredit sehingga Anda terus membeli tanpa memperhitungkan kesanggupan mencicilnya. Akibatnya, bunga kredit semakin membengkak. Atau ada pengeluaran besar yang tak terduga tapi Anda tak segera menyeleraskannya dengan pos pengeluaran lain sehingga secara total, pengeluaran membludak. Segera atasi masalah Anda. Jangan malu dan ragu untuk minta nasehat atau bantuan suami.