Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Thursday, January 13, 2011

Aneka Tips Dapur



1. Punya buku resep tebal dan Anda tak menyusunnya secara rapi? Nah, gunakan jepitan kertas (paper clip) warna-warni untk menandai masing-masing jenis resep masakan. Misalnya, warna kuning untuk hidangan utama, merah untuk resep makanan pencuci mulut, dan kuning untuk minuman. Dengan demikian, Anda dapat menemukan dengan mudah resep yang diperlukan. 

Agar buku resep tak cepat kotor dan rusak, masukkan (dengan halaman terbuka) ke dalam kantung plastik tembus pandang sehingga Anda dapat membacanya dengan mudah dan buku resep tetap bersih. 

2. Campurkan garam dan merica bersama-sama di satu tempat. Tak perlu ditempatkan terpisah. Taruh di meja makan atau di dapur, agar mudah dipakai jika dibutuhkan. 

3. Agar sandwich tetap enak, tidak basah atau lembek ketika akan dimakan siang hari, sebaiknya oleskan mayones atau saus lainnya di antara daging dan sayuran. Jangan langsung dioleskan di atas roti. 

Cara lain, bungkus secara terpisah sayuran dan saus (dressing), campurkan 
saat akan disantap. Baru dicampur ketika sandwich akan disantap. 

4. Tak ingin dapur kotor dengan segala macam "sampah" saat memasak? Saat memarut, taruh parutan di dalam kantung plastik tembus pandang/bening, baru parut buah/sayuran/keju di dalam kantong plastik tadi. Hasil parutan tidak akan berserakan ke mana-mana. 

5. Agar kuah sup, saus, dan segala air rebusan tidak tumpah saat dimasak dan membuat kotor kompor Anda, selipkan tusuk gigi di antara panci dan tutupnya. Air rebusan tak akan meluap keluar karena Anda sudah membuat"ruang" kecil sehingga udara bisa keluar. 

6. Tahukah Anda, akan lebih mudah dan bersih menggunakan benang gigi (dental floss) untuk memotong cheese cake atau keju daripada menggunakan pisau? 




7. Jika makanan yang Anda masak gosong dan mengendap di penggorengan, tuang air panas ke dalam penggorengan. Jangan lupa masukkan sejumput garam ke dalamnya, lalu masak air hingga mendidih. Dengan cara ini, bekas masakan yang menempel akan lebih mudah dibersihkan saat Anda mencuci penggorengan tersebut. 


8. Agar kentang yang sudah dimasak tidak menempel di parutan saat diparut, sebaiknya oleskan minyak terlebih dahulu di parutan. 


9.Mau tahu cara cepat mengupas kentang? Masukkan kentang ke dalam baskom besar kemudian tuangkan air mendidih ke dalamnya sehingga kentang terendam. Diamkan selama 5 menit kemudian ambil satu per satu, kupas dengan pisau yang tajam, kulit akan mudah terkupas. 


10.Seperti kita ketahui, garam membuat telur rebus menjadi keras. Karena itu, sebaiknya tambahkan sedikit garam setelah telur matang. Jangan lupa pula memerhatikan panas saat memasak telur. Sebaiknya gunakan api sedang atau kecil untuk menghindari telur menjadi keras. 


11.Masih tentang kentang, supaya kentang yang dimasak dalam oven menjadi lebih cepat matang, rendamlah terlebih dahulu di dalam air yang telah diberi garam secukupnya selama 20 menit. 



sumber: Tabloid Nova