Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Friday, December 24, 2010

Dot dan Teether, Adakah Manfaatnya?



Dok, bayi perempuan saya berusia 4 bulan. Sejak usia 3 bulan dia sering memasukkan jari-jarinya ke dalam mulut. Apakah akan berpengaruh terhadap pertumbuhan giginya kelak? Kebiasaan ini kalau dilarang justru membuat dia jadi rewel. Apakah dengan cara menggunakan dot atau empeng dapat berpengaruh pula pada giginya nanti? Bagaimana pula jika menggunakan mainan gigitan plastik, apakah bisa merangsang pertumbuhan gigi? Apa saja yang harus diperhatikan? Terima kasih sebelumnya, Dok.
Novita - Tanjung Priok, Jakarta
Awalnya memang sulit untuk mencegah perilakunya karena anak pasti akan rewel bila tangannya kita tepis sedemikian rupa. Namun dalam hal ini merupakan suatu pengecualian, yaitu Ibu harus tega menghadapi anak yang akan rewel. Kenapa? Karena dikhawatirkan kebiasaan memasukkan jari ke dalam mulut akan menjadi kebiasaan buruk (mengisap jari) yang sulit dihilangkan bila tak dicegah dari sekarang.
Adapun efeknya kelak adalah pada kedudukan gigi yang akan lebih maju ke depan dan gigitan menjadi terbuka (gigi atas depan tidak kontak dengan gigi bawah depan). Perlu diingat bahwa pencegahannya cukup hanya dengan menepis tangannya secara lembut setiap kali dia memasukkan jarinya. Jangan diberi dot atau empeng. Kemudian alihkan perhatiannya dengan memberikan teether atau mainan gigitan yang memang khusus serta aman untuk digigit-gigit oleh bayi. Mainan gigitan tersebut selain bermanfaat untuk mengambil alih perhatian anak juga baik untuk membantu merangsang keluarnya gigi.

sumber : Nova / Konsultasi Kesehatan