Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Friday, July 16, 2010

Tips Mudik Aman Saat Menyusui Dan Hamil



Momen lebaran tentu menjadi momen dan masa yang paling ditunggu tunggu, karena biasanya kita biasa berkumpul (mudik) untuk bertemu dan meraih kehangatan keluarga besar. Namun bagaimana menjaga gaya hidup sehat ketika anda harus membawa ibu ibu hamil saat mudik ? atau bahkan justru anda sendiri yang sedang hamil …
Diperlukan persiapan dan rencana matang dalam menjagahealthy lifestyle khusus bagi sang ibu hamil, khususnya saat menyusui ketika melakukan mudik dengan aman, nyaman serta tetap menjaga kesehatan sang bayi. Hal hal terpenting yang harus diingat oleh ibu hamil baik saat perjalanan maupun ketika menyusui adalah untuk selalu menjaga pola hidup sehatdimulai dengan menjaga kebersihan sekitar dan jangan terlalu lelah.
Berikut beberapa tips hidup sehat bagi ibu hamil dan menyusui dalam melakukan perjalanan mudik;
  1. Menjaga hidup sehat lewat kebersihan makanan dan minuman, jangan sampai makanan dan minuman menjadi penyebab demam atau diare. Karena jika terjadi diare bisa menimbulkan kontraksi yang lebih dini, khususnya untuk usia kehamilan 7 bulan ke atas agar lebih berhati-hati. Sedangkan bagi ibu menyusui berhati-hati karena apapun yang dikonsumsi akan berpengaruh pada produksi ASI. Maka tetap pertahankan pola hidup sehat biarpun sedang dalam perjalanan jauh.
  2. Menjaga kadar air dalam darah sangat penting bagi ibu hamil, maka jangan sampai dehidrasi, karena penting untuk asupan produksi ASI.
  3. Menjaga kesehatan dan stamina karena apabila anda terlalu lelah akan sangat berbahaya, maka bila terjadi kontraksi segeralah beristirahat.
  4. Pola Konsumsi vitamin yang diberikan dokter untuk menguatkan kehamilan dan menjaga stamina tubuh ibu hamil dan menyusui.
  5. Karena menjaga pola hidup sehat tentu sangat berat ketika mudik, padahal gaya hidup sehat sangat diperlukan sang ibu hamil, maka Konsultasikan dengan dokter kandungan sebelum melakukan perjalanan, untuk mengetahui apakah kondisi ibu tersebut memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh akan sangat berguna.
  6. Menjaga kebersihan sekitar, terutama jika menggunakan toilet umum. Karena tidak semua toilet menyediakan air bersih, untuk itu selalu sediakan air mineral botol jika tidak ada air bersih agar terhindar dari kuman ataupun bakteri yang berbahaya.
sumber : http://formulasehat.com