Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Sunday, November 21, 2010

Masa Kehamilan dan Moment-moment Luar Biasa

Masa kehamilan memang menjadi pengalaman luar biasa untuk semua yang mengalaminya. Mulai dari perubahan bentuk tubuh dan hormon, sampai berbagai kelucuan yang Anda atau pasangan alami dalam mengatasi perubahan ini. Banyak hal luar biasa yang akan Anda alami di masa ini, termasuk beberapa hal berikut :

Banyak orang mengelus perut Anda
Ibu hamil memang selalu mengundang perhatian orang, selain keluarnya aura cantik sang ibu juga mengundang orang untuk mengelus perut buncitnya. Untuk Anda, sang ibu, mengelus atau mengusap lembut perut di masa kehamilan dapat mempererat hubungan dengan janin. Dan sebagian ibu hamil mungkin akan merasa tidak nyaman saat orang asing menyentuh perutnya. Namun nikmatilah masa-masa ini, karena berarti orang-orang menaruh perhatian lebih pada Anda dan sang bayi.


Terbangun di malam hari
Terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil dan jika dihitung Anda akan melakukannya lebih kurang tujuh kali dalam semalam. Hal ini tentunya akan mengganggu tidur nyenyak Anda. Namun ambilah sisi baiknya, dengan terbangun di tengah malam seperti ini Anda dapat melakukan ibadah atau hal lainnya. Hanya ada Anda dan sang calon bayi.

Stretch Mark
Stretch mark bisa dikatakan musuh setiap perempuan. Namun di masa kehamilan ini, tidak mungkin untuk Anda menghindari kemunculannya. Umumnya stretch mark muncul di trimester ketiga, dan apapun yang Anda pakai, baik itu salep, losion, atau krim, tetap tidak berhasil mengusir stretch mark. Satu-satunya jalan mengindari masalah kulit ini, tahanlah keinginan untuk menggaruk kulit perut yang gatal akibat meregang ini.

Payudara lebih sensitif
Payudara lebih sensitif biasanya terjadi menjelang PMS. Namun di masa kehamilan, akibat perubahan hormon, payudara mulai terisi ASI, dan puting susu pun menjadi lebih sensitif serta mudah memar.
Bercak merah di seluruh tubuh
Ada sebagian ibu hamil yang mengalami timbulnya bercak merah besar di seluruh tubuhnya. Penyakit ini disebut Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy. Penyakit ini menyebabkan pembengkakan dan kemerahan di kulit serta menyebar ke seluruh tubuh.

Memeluk sang dokter
Memeluk sang dokter dalam artian memeluk karena rasa terima kasih yang amat sangat. Rasa sakit akibat kontraksi menjelang persalinan mungkin dapat membuat Anda sangat menginginkan obat-obatan penghilang rasa sakit. Dan saat sang dokter memberikan epidural, maka Anda pun akan melihat sang dokter sebagai penyelamat hidup Anda.

Mual-muntah
Morning sickness, suatu hal yang umum terjadi pada ibu hamil. Pada sebagian kasus, mual-muntah ini dapat menyebabkan sang ibu hamil dehidrasi dan tentunya mengganggu. Nikmatilah morning sickness ini karena biasanya akan hilang setelah menginjak usia trimester kedua.
Semua hal di atas mungkin akan menganggu kehidupan Anda sekaligus menjadi moment yang luar biasa. Mengingat hal itu terjadi hanya pada ibu hamil dan di masa kehamilan. Semua "penderitaan" selama sembilan bulan itu akan terbayar dengan senyum dan tawa sang buah hati.