Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Wednesday, November 24, 2010

Cara mengatasi Separation Anxiety

Separation Anxiety : merupakan ketakutan pada bayi yang bercirikan selalu mengekor orang tua, menangis jika orang tua tidak terlihat, takut pada orang asing, sering bangun malam dan menangis ingin orang tuanya dekat serta langsung diam atau memeluk jika orang tuanya dekat.

Cara mengatasi Separation Anxiety, antara lain dengan :

Meminimalkan kemungkinan berpisah. Main permainan ciluk ba atau sembunyikan barang merupakan cara yang baik mengajarkan bayi untuk memahami bahwa sesuatu yang tidak kelihatan bukan berarti menghilang selamanya.

Latihan untuk berpisah secara cepat. Sepanjang hari coba tinggal bayi selama beberapa saat, misalnya pergi ke ruangan lain. Ini akan mengajarkan bayi bahwa “mama pergi pasti kembali”. Selain itu, membiarkan bayi bermain sendiri juga baik untuk membantu kreativitas dan kemandirian.

Saat harus meninggalkan bayi, jangan kabur saat dia tidak melihat. Karena ini akan menimbulkan ketakutan yang lebih besar dan akhirnya si bayi akan semakin tidak bisa lepas dari Anda.

Jangan terburu – buru untuk berpisah, tapi jangan terlalu lama juga. Bayi dapat merasakan kegelisahan kita karena itu bantulah dia berpisah dengan cara yang lugas dan tenang. Kalau kita sendiri berpisah dengan deraian air mata, di jamin si bayi pasti akan lebih sedih lagi. Berpisahlah dengan senyum.

Tinggalkan bayi dengan orang yang familiar, buat dia percaya pada orang disekelilingnya saat kita tidak ada.

Alihkan perhatian bayi. Jika bayi mulai pergi meninggalkan Anda biarkan dia bereksplorasi, tentunya kita tetap mengintip atau mendengarkan untuk memastikan dia aman.

Artikel ini Baca juga di Cara mengatasi Separation Anxiety