Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Tuesday, September 7, 2010

Normalkah Haid Tidak Teratur Setelah Melahirkan ?

Haid tidak teratur setelah melahirkan? Apakah itu normal? Jika Anda salah satu dari sekian orang yang mengalami ini, janganlah khawatir karena hal ini normal. Adanya ketidakseimbangan hormonal disinyalir sebagai alasan mengapa haid menjadi tidak teratur setelah melahirkan.


      Ibu yang masih menyusui juga dapat mengalami ketidakteraturan haid, karena tingginya kadar hormon prolaktin dalam darah. Tingginya kadar hormon ini akan menekan hormon estrogen yang bisa membuat menstruasi tidak teratur.


      Pemberian suntik KB atau pemakaian KB suntik yang biasa diberikan pada ibu menyusui agar proses menyusui tidak terganggu juga bisa menjadi salah satu penyebab haid tidak teratur. KB suntik yang biasanya terbuat dari progesteron dapat membuat proses menstruasi terhambat.


      Wanita akan mendapatkan kembali haidnya setelah melahirkan berbeda-beda. Ada yang mendapatkan menstruasinya dalam 40 hari, bahkan ada yang sampai 18 bulan. Banyak faktor yang bisa membuat haid tidak teratur setelah melahirkan. Untuk itu ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan untuk mendapatkan jawaban pasti.


sumber : http://www.melindahospital.com