Welcome...Thanks for your visit....
Blog ini berisi informasi seputar Bayi, Balita, Batita, Kehamilan, Ibu Menyusui, Keluarga, Kesehatan, Kuliner, dll
--- Scroll ke bawah utk melihat Index atau Klik Tab2 dibawah ini ...

Search This Blog

Loading...

Wednesday, September 22, 2010

Ajarkan Balita untuk Mulai Makan Sendiri

 Usia setahun adalah waktu yang tepat untuk mulai mengajarkan anak makan sendiri. Bisa dikatakan pada masa itu tangannya sudah mampu menggenggam dengan baik, sehingga Anda sudah dapat mengajarinya memegang sendok dan menyuap makanannya sendiri.


Makan menggunakan meja
Begitu si kecil dapat duduk sendiri, biasakan si kecil untuk duduk di bangku makannya saat waktu makan tiba. Bila perlu, ajak ia makan bersama di meja makan dengan orang dewasa lainnya. Pembiasaan ini akan memberinya kesadaran, bahwa bila ia ingin makan sebaiknya dilakukan di meja makan, dan memacu semangatnya untuk makan sendiri.


Berikan alat makan yang sesuai
Berilah alat makan yang sesuai untuk anak yakni yang tidak terlalu berat dan besar. Jangan lupa untuk mengawasinya saat makan sendiri, pastikan makanan yang ia ambil ia masukkan ke dalam mulut, bukan ketempat lain. Beri pengertian untuk tidak menyendok makanan terlalu banyak, sehingga mulut tidak terlalu penuh saat mengunyah makanan.


Hindari TV saat makan
Secara umum, seorang anak tak mampu duduk tenang di satu tempat lebih dari 5 menit. Cobalah untuk menghindari segala hal yang bisa mengganggu konsentrasi makannya. Misalnya, jangan biarkan si kecil makan sambil menonton TV. Selain merusak disiplin, bila terlalu asyik nonton biasanya si kecil akan lupa dengan makanannya.


Porsi makannya jangan terlalu banyak
Jangan memberi porsi makan yang terlalu banyak pada si kecil. Berilah porsi makan yang sesuai dengan kemampuan perutnya, sebab bila ia sudah merasa kenyang tetapi nasi di piringnya masih banyak, maka sisa makanan tersebut hanya akan dijadikan mainan olehnya. Lebih baik beri porsi kecil namun sering, atau biarkan mereka minta nambah.


Alat makan yang lucu
Penampilan alat makan yang lucu dan menarik misalnya, piring atau sendok bergambar kartun binatang, dapat merangsang keinginan anak untuk makan sendiri. Apalagi jika di tambah dengan penyajian makanan yang menarik.


Hindari memberi susu sebelum makan
Bila waktu makan siang si kecil jam 12, maka hindari memberinya susu sejak satu jam sebelulmnya. Bila diantara waktu itu si kecil meminta susu, berikan air putih atau cemilan yang tak mengenyangkan, misalnya buah-buahan dengan porsi yang tidak terlalu banyak.


sumber : http://www.melindahospital.com